Cacingan merupakan salah satu masalah kesehatan di masyarakat. Kelompok umur yang paling rentan terinfeksi cacingan adalah anak-anak. Cacingan dapat merusak gizi anak sehingga menyebabkan anemia bahkan kematian. Penurunan gizi pada anak bisa menyebabkan pertumbuhan fisik terganggu bahkan stunting, merusak perkembangan kognitif (kemampuan belajar) sehingga kemajuan pendidikan anak.

Untuk menurunkan prevalensi cacingan di Kab LIngga khususnya di Singkep Barat  maka dilaksanakan pemberian obat pencegahan masal (POPM) cacingan. Obat cacingan yang diberikan kepada sasaran POPM adalah Albendazole 400 mg. Sasaran POPM cacingan adalah anak usia 1 tahun – 12 tahun dengan ketentuan anak usia 1 tahun – 2 tahun: 200 mg dosis tunggal, sedangkan anak usia > 2 tahun: 400 mg dosis tunggal. Albendazole tidak hanya membunuh cacing dewasa namun juga menghancurkan telur dan larva cacing.

POPM cacingan dilaksanakan dilaksanakan 2x Dalam setahun. di seluruh posyandu , TK/PAUD/SD Sekecamatan Singkep

Keuntungan POPM cacingan diantaranya adalah menurunkan angka kurang gizi, menurunkan anemia, meningkatkan pendapatan per kapita keluarga serta meningkatkan pertumbuhan badan baik berat badan maupun tinggi badan anak, dengan tercapainya hal tersebut maka peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa tercapai.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: